follow us on

Untuk Lombok Tangguh

12%
sudah terkumpul

IDR. 5.625.000

harus terkumpul

IDR. 50.000.000

Update Campaign

Mengingat bantuan psikologis tidak kalah penting dibandingkan dengan bantuan fisik berupa uang, makanan, dan lainnya, Tim IB yang didukung oleh AtmaGo, Sahabat Merah Putih, dan Bersyukur Menjadi Indonesia, berangkat menuju lokasi bencana alam dengan misi utama memberikan trauma healing kepada para sahabat kita yang menjadi korban di sana. Trauma healing sangatlah diperlukan dan sangat penting karena korban bencana alam cenderung mengalami ketakutan yang belebih ketika mendengar suara-suara getaran atau gaungan atau getaran-getaran yang sebenarnya tidak berarti namun menjadi suatu ketakutan bagi mereka karena hal-hal ini dapat membuat mereka kembali mengingat peristiwa bencana alam yang telah mereka alami. Sedangkan yang menjadi target utama dari program ini adalah anak-anak yang memang terpengaruh lebih besar dari pada orang dewasa.

Trauma healing ini meliputi pembentukan kelompok bermain di area terbuka, berbagai kelas keterampilan seperti menggambar, mewarnai, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak-anak generasi penerus bangsa ini melupakan ketakutan dan kecemasan yang muncul pasca gempa, selain juga membuat mereka lebih siap jika gempa terjadi kembali.


Logistik untuk para korban bencana alam gempa di NTB, khususnya di Desa Sembalun Lawang, Dusun Lebak Jaya mulai berdatangan dan tersalurkan. Hingga saat ini, gempa susulan masih terus dirasakan warga yang menimbulkan perasaan cemas dan khawatir. Untuk itu, tim Indonesia Berzakat, bekerja sama dengan Atma Go, Bersyukur Menjadi Indonesia, dan Sahabat Merah Putih terus mengadakan kegiatan-kegiatan rutin yang sekiranya dapat menghibur warga, khususnya anak-anak. Kami terus berupaya membantu meringankan beban mental khususnya bagi anak-anak dengan mengadakan kegiatan bermain dan bernyanyi bersama, menggambar dan mewarnai, berkreasi dalam membuat dan membaca puisi, dan lain sebagainya.

Tim kami juga mendapatkan bantuan dari sukarelawan WNA asal Belanda yang datang membawa bantuan berupa alat angkut puing sehingga memudahkan tim dan warga dalam membersihkan puing-puing reruntuhan akibat gempa.

Sabtu 11/8 tim kami diramaikan oleh kedatangan tim-tim dari Yoga Nusantara dan Avtech. Kegiatan senam pagi bersama anak-anak, dan yoga bersama ibu-ibu di alam terbuka setidaknya dapat mengembalikan senyuman di wajah cemas mereka. Dengan bantuan warga, sembako telah dibagikan secara tertib dan merata kepada para korban bencana alam ini. Hari-hari ditutup dengan kerja bakti membersihkan puing-puing akibat gempa.

Sungguh luar biasa bantuan yang telah Anda salurkan kepada para korban. Semoga Allah membalas segala kebaikan Anda berlipat ganda. Mari terus salurkan bantuan Anda melalui kami.

Donatur Terakhir

Hamba Allah
IDR. 100.000
Hamba Allah
IDR. 200.000
Hamba Allah
IDR. 150.000
Nelli
IDR. 200.000
  • serbarkan halaman ini


Bencana alam gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di NTB pada

Minggu (29/7) menyisakan duka mendalam. Gempa ini menelan korban

nyawa, tidak sedikit pula korban luka-luka berjatuhan. Tercatat hingga

ratusan kali gempa susulan terjadi membuat para warga belum merasa

aman untuk kembali ke tempat tinggal mereka, dan lebih memilih untuk

menghabiskan malam di tenda-tenda pengungsian tanpa listrik.

 

Bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak dan relawan. Bantuan

dalam bentuk apa pun sangat diapresiasi untuk meringankan beban baik

secara psikologis maupun secara materi. Mari kita ulurkan tangan dan

bantu ringankan beban sahabat dan keluarga kita di NTB. 

donasi sekarang