follow us on

Aksi Peduli Palu Donggala

2%
sudah terkumpul

IDR. 750.000

harus terkumpul

IDR. 50.000.000

Update Campaign

Pemandangan memilukan datang dari Kota Palu di mana ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah hancur akibat serangan tsunami dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 7.4 SR yang sebelumnya juga digempur gempa susulan puluhan kali setelah gempa pertama dengan kekuatan 7.7 SR pada Jumat petang lalu. Telah banyak unggahan video amatir yang menunjukkan kepanikan warga yang berlarian berusaha menghindari terjangan tsunami yang menghancurkan bangunan-bangunan yang sebelumnya telah rusak akibat gempa susulan.

Padamnya listrik dan berkurangnya akses telekomunikasi akibat kejadian ini mempersulit dan memperlambat jalannya evakuasi yang dilakukan oleh tim-tim tanggap bencana. Di Donggala dan Palu setidaknya terdapat 276 base station listrik PLN putus dan tidak dapat beroperasi dan hingga saat ini baru terdapat 2 gardu induk PLN yang berhasil dihidupkan kembali. Gempa yang mengguncang Kota Mutiara ini memicu terjadinya gelombang tsunami dengan ketinggian 1,5 hingga 3 meter dan menghancurkan permukiman warga, dan hingga saat ini tim-tim tanggap bencana masih berusaha untuk menemukan korban-korban yang hilang tersapu oleh gelombang tsunami.

Pendataan masih terus dilakukan, berbagai bangunan, rumah, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum lainnya ambruk dan tersapu gelombang tsunami, dan diperkirakan puluhan hingga ratusan korban masih belum sempat dievakuasi dari reruntuhan bangunan. Dari laporan yang didapatkan, kebutuhan mendesak saat ini antara lain perbaikan listrik, perbaikan jalur komunikasi, persediaan makanan pokok, tenda, terpal, selimut, rumah sakit darurat, tenaga medis, bantuan obat-obatan, dan air bersih.

Donatur Terakhir

Ari Hidayat
IDR. 200.000
Satry
IDR. 50.000
Elen
IDR. 500.000
  • serbarkan halaman ini



Gempa bumi yang melanda Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) yang diikuti puluhan gempa susulan berpuncak pada terjadinya Tsunami yang menyapu Kota Palu, Sulawesi tengah dengan ketinggian gelombang air berkisar antara 1,5 hingga 3 meter menyisakan duka mendalam bagi para sahabat kita setanah air. Jumlah korban yang terkena dampak robohnya bangunan dan sapuan gelombang Tsunami di Palu dan Donggala masih dalam pendataan. Permukiman, bangunan-bangunan, dan masjid hancur tak berdaya setelah rentetan gempa susulan dan serangan gelombang Tsunami.

Bencana alam ini menyisakan tangis dan duka bagi korban yang berhasil selamat. Mari panjatkan doa demi keselamatan para korban, dan ulurkan tangan untuk membantu meringankan beban mereka yang berusaha bangkit dari bencana ini.

Sekecil apapun bantuan yang Anda berikan akan sangat berarti bagi para korban. Mulailah donasi sekarang juga.

donasi sekarang