Milad ke-112 Syarikat Islam Berjuang Melalui Dakwah Ekonomi

Syarikat Islam yang merupakan salah saru Organisasi Masyarakat tertua di Indonesia, yang didirikan 16 Oktober 1905 merasa memiliki tanggung jawab sejarah dalam membangkitkan ekonomi umat. Hal ini disampaikan oleh ketua umum Syarikat Islam dalam pidatonya pada acara milad Syarikat Islam yang diadakan di Masjid Istiqlal, Jakarta pada hari Minggu 15 Oktober 2017. Lebih jauh beliau menegaskan “Sejak Kongres Nasional atau Majelis Tahkim ke-40 tahun 2015 lalu kita bertekad untuk berjuang pada jalur dakwah ekonomi.”

Acara milad ini juga dihadiri oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin sebagai perwakilan dari Mentri Agama. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa Syarikat Islam berperan penting dalam menumbuhkan semangat kebangkitan nasional . “Tidak ada keraguan bahwa Syarikat Islam sebagai sebuah gerakan nasionalis memainkan peranan yang sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan nasionalisme Indonesia yang kemudian melahirkan bangsa Indonesia dewasa.” Pungkasnya.

Peringatan milad yang dihadiri oleh ribuan jamaah, termasuk di dalamnya para Ketua Pimpinan Wilayah dan Ketua Pimpinan Cabang Syarikat Islam seluruh Indonesia, serta seluruh jajaran unsur organisasi di tingkat DPP Syarikat islam ini juga diwarnai dengan kedatangan Wakil Gubernur Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, yang juga merupakan Wakil Ketua Dewan Ekonomi Syarikat Islam. Beliau merasa tertarik untuk ikut serta dalam membangun ekonomi bangsa, seperti yang disampaikannya dalam sambutan, “Saya tertarik untuk ikut serta membangun ekonomi bangsa. Syarikat Islam yang telah menjadikan dakwah ekonomi sebagai fokus perjuangannya.” Kata Sandiaga Uno.

Kegiatan ini diwarnai oleh penyerahan bantuan dana sosial untuk Rohingya oleh Lembaga Amil Zakat Indonesia Berzakat melalui Palang Merah Indonesia berupa donasi sebesar Rp 50 juta. Serta penyerahan hadiah untuk para pemenang kompetisi menulis dengan tema Kemandirian Ekonomi Umat yang diadakan oleh Syarikat Islam.